A. Pengertian DHCP Server

DHCP  (Dynamic  Host  Control  Protocol)  adalah  protokol pengalamatan  host secara  dinamis.  Dalam  sebuah  jaringan  yang  besar,  akan  ada  bagian  yang pengalamatan  IP  address  tidak  begitu  kritikal.  Di  bagian  ini   pengalamatan  IP bisa dilakukan secara dinamis dan otomatis.
 Apabila  dalam  sebuah  jaringan  diwajibkan  memberi  IP  satu  per  satu  dengan manual, maka akan memakan waktu yang sangat lama. Misalkan ada jaringan dengan pengguna 1500 orang, maka akan membutuhkan pengaturan alamat IP secara manual di tiap komputer sebanyak 1500 kali.
Karena itulah DHCP ada, sehingga komputer host tetap bisa terhubung dengan jaringan secara otomatis meskipun tidak mendapatkan IP address sesuai yang diminta,  tapi  sudah  pasti  akan  mendapatkanya  apabila  IP  masih  tersedia  dan DHCP server berjalan normal.

B. Cara Kerja DHCP Server

DHCP server bekerja dengan cara menawarkan diri sebagai DHCP server dan  menawarkan  IP  kepada  host  yang  terhubung.  Host  akan  meminta  alamat  IP kepada  DHCP,  lalu  DHCP  server  akan  memeriksa  apakah  masih  ada  alamat yang tersedia, dan alamat apa saja yang tersedia itu. Setelah  diketahui  adanya  alamat  yang  tersedia.  Maka  DHCP  server  akan memberikan  kepada  host  tersebut  alamat  tersebut,  DHCP  juga  menyimpan informasi tambahan seperti DNS server yang harus digunakan, beserta default gatewaynya.

                                                                                                                   
3. Konfigurasi DHCP  Server

Pada contoh ini  kita akan mengkonfigurasi dhcp server di ubuntu 14.04. Dalam ibuntu 14.04 paket aplikasi yang diinstall untuk dhcp server bernama isc-dhcp-server.Adapun file yang harus dikongurasi ada 2 yaitu dhcpd.conf dan isc-dhcp-server.Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai konfigurasi dhcp server, ikuti langkah-langkah berikut :

1. install paket dhcp server yang bernama isc-dhcp-server dengan terlebih dahulu mount cd     atau menggunakan repositori online bila terhubung internet .


2. kemudian ketikkan nano /etc/default/isc-dhcp-server untuk menetukan network interface       yang akan menjadi output dari dhcp server.



3. Pertama kita tentukan nilai terlebih dahulu dibawah file dhcpd.conf yang yeng terletak           pada direktori /etc/dhcp. Untuk contoh menggunakan skenario berikut

Network : 192.168.6.0
Range : 192.168.6.50 192.168.6.100
Gateway : 192.168.6.1
Primary DNS : 192.168.6.5
Secondary DNS : 8.8.8.8

Kemudian tambahkan kode dibawah ini sesuai skenario diatas pada file dhcpd.conf



Apabila ingin mengkonfigurasi DHCP Reservation menggunakan alamat mac atau pemberian alamat ip berdasarkan mac address. Tambahkan kode berikut ini :

host <nama_hostkomputer> {
hardware ethernet <alamat_mac_client>;
fixed-address <ip_yang_diberikan>;
}

4. Setelah selesai mengkonfigurasi file dhcpd.conf keluar dan simpan menggunakan                 shortcut key Ctrl + x kemudian tekan Y.Setelah itu restart service dhcp server dengan           mengetikkan perintah berikut.



5. Untuk pengujian paling tidak sudah ada 1 client yang terhubung. Kemudian ping slah satu     alamat  alamat ip dari range ip yang telah ditentukan pada file dhcpd.conf.



Posting Komentar

 
Top