Web Mail
Web Mail (Web Based Email) adalah klien email yang diimplementasikan dalam web dan diakses melalui browser. Contoh penyedia web mail antara lain AOL Mail, Gmail, Yahoo, dan Outlook.com. Sepertinya halnya aplikasi web, keuntungan utama webmail dibandingkan pengguna klien email desktop adalah kemampuan mengirim dan menerima email di mana saja dari browser web. Kerugian utamanya adalah kebutuhan koneksi internet ketika menggunakan aplikasi webmail.
Untuk membuat mail client terlebih dahulu kita harus mengkonfigurasi mail server yang bisa dilihat pada tutorial mengenai konfigurasi mail server pada ubuntu 14.04
Installasi
  1. Dalam tutorial ini kita menggunakan squirrelmail sebagai webmail, terlebih dahulu mount cd installer ubuntru 14.04 dan install paket squirrelmail.
    root@server:~# mount /dev/cdrom /mnt
    root@server:~# apt-get install apache2 squirrelmail php5
Konfigurasi
  1. Konfigurasikan virtual host untuk squirrelmail agar dapat diakses melalui browser pada file apache2.conf dengan menambahkan script di bawah ini pada akhir baris file apache2.conf.
    root@server:~# nano /etc/apache2/apache2.conf
    include “/etc/squirrelmail/apache.conf”
  2. Buka dan konfigurasi virtual host squirrelmail sesuai kebutuhan atau bisa mengikuti script dibawah ini.
    root@afif:~# nano /etc/squirrelmail/apache.conf
    # users will prefer a simple URL like http://webmail.example.com
    <VirtualHost *:80>
    DocumentRoot /usr/share/squirrelmail
    ServerName mail.jarkom.net
    </VirtualHost>
  3. Setelah mengkonfigurasi virtual host jangan lupa restart server apache2 agar virtual host bisa diakses.root@server:~# service apache2 restart
Pengujian
Untuk pengujian bisa dilakukan pada sisi server localhost maupun sis client melalui web browser.
  1. Buka sembarang web browser dan pada address bar ketikkan alamat squirrelmail yang telah ditambahkan pada virtual host, dalam contoh ini alamat webmail adalah mail.jarkom.net. Setelah muncul laman login squirrelmail, masukan akun slah satu user dalam contoh ini user afief.

  2. Bila login benar, maka muncul seprerti gambar dibawah ini.

Posting Komentar

 
Top