Windows server 2012 R2 adalah sistem operasi server pertama buatan microsoft yang mempunyai konektivitas dengan server cloud dan terdapat 300 fitur baru yang telah dibenamkan. Teknologi cloud adalah sebuah praktik penggunaan sebuah jaringan dari remote server untuk menyimpan, memanajemen dan memroses data daripada server lokal.
Ketiika windows server 2012 R2 dirillis, kita mempunyai dua pilihan yaitu edisi Standard dan Datacenter dalam versi GUI dan Server Core. Selain itu masih ada dua edisi lain dari Windows Server 2012 R2 yaitu edisi Foundation dan Essentials. Tidak tiap-tiap versi memiliki fitur yang berbeda, tapi harga untuk tiap lisensi merefleksikan tiap fitur-fitur yang dimiliki. Berikut akan dijelaskan secara singkat mengenai edisi-edisi dari Windows Server 2012 R2 :
  1. Standard Edition
    Edisi Standard merupakan cloud server untuk kelas enterprise dan pilihan paling populer. Edisi ini mempunyai fitur banyak dan mampu menangani seluruh kebutuhan umum jaringanmu. Server ini dapat digunakan untuk menjalankan role secara terpisah dan bersama-sama.
  2. DataCenter Edition
    Ini adalah edisi dari Windows Server 2012 R2 yang paling baik ditujukan untuk lingkungan virtualisasi tinggi dan harganya empat kali dari edisi standard.
  3. Foundation Edition
    Edisi ini berisi fitur-fitur inti yang ditemukan dalam edisi-edisi lainnya dan memiliki batasan-batasan seperti layanan role sertifikat active directory hanya sertifikat autority.
  4. Essential Edition
    Edisi Essential ditujukan untuk perusahan sangat kecil dengan pengguna 25 dan 50 perangkat. Ini adalah sebuah cara pembiayaan sangat efektif untuk menyediakan jaringan bisnis kecil.
Untuk dapat menginstall windows server 2012 r2 terlebih dahulu kita harus melihat persyaratan installasi seperti persyaratan minimum (minimum requirement) dan persyaratan rekomendasi (recommended equirement). Perlu diprerhatikan bahwa persyaratan minimum maksudnya adalah sistem operasi dapat berjalan tapi tidak akan berjalan sangat baik. Selain itu windows server 2012 R hanya tersedia sebagai produk 64-bir sehingga tidak ada versi x86 atau 32-bit. Berikut adalah persyaratan minimum dan rekomendasi untuk menginstall windows server 2012 R2
    Minimum requirement
  • Processor 1.4 Ghz for x64
  • RAM 512 MB
  • free disk space 32 Gb
  • super-VGA (800 x 600) or higher
    Recommended requirement
  • Processor 2 Ghz for x64
  • RAM 2 GB or higher
  • free disk space 50 gb (40 GB untuk apikasi atau data, 10 GB untuk installasi server core)
Note : Maksimal jumlah prossesor adalah 64 kemudian untuk RAM, Standard Edition maksimal 32 GB dan 4 TB untuk Datacenter Edition.
    Untuk memulai installasi windows server 2012 r2 ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Nyalakan komputer kemudian masuk bios dan ubah urutan boot pertama pada cdrom. Setelah itu masukan cdrom dan kemudian keluar bios dengan menyimpan terlebih dahulu konfigurasi.
  2. Setelah boot pada cdrom maka akan mucul windows setup. Pilih bahasa, waktu dan keyboard yang digunakan. Kemudian klik Next.
  3. Setelah klik Button Install Now.
  4. Masukkanlah Product Key yang biasanaya ada pada label cd untuk menunjukan kita membeli produk windows.
  5. Untuk pilihan selanjutnya kita dihadapkan pada dua pilihan yaitu Server Core Installation dan Server GUI Installation. Dalam tutorial ini kita pilih Server GUI Installation karena menggunakan tampilan grafis dari pada Server Core Installation yang ditujukan untuk user advanced.
  6. Kemudian berilah checklist pada I accept the license terms, Kemudian klik Next.
  7. Selanjutnya kita pilih custom untuk melakukan fresh installation dari awal.
  8. Saat pembagian partisi kita pilih new untuk semua kapasitas yang ada untuk membuat partisi sistem.
  9. Setelah pemartisian, maka selanjutnya adalah proses instalasi windows dan tunggu sampai selesai.
  10. Setelah proses installasi windows selesai, kemudian kita diminta memberikan password pada user Administrator sebanyak dua kali. Perlu diperhatikan panjang password minimal 8 karakter dan merupakan kombinasi antara karakter, angka dan simbol. Lalu klik Next.
  11. Setelah itu kita diminta menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del dan muncul form untuk memasukan password user Administrator.
  12. Berikut tampilan desktop dari Windows Server 2012 R2.

Posting Komentar

 
Top