Proxy Server
Proxy Server berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman website yang pernah kita kunjungi. Fungsinya adalah sebagai CACHE, yang sewaktu-waktu jika kita ingin mengunjungi halaman yang sama, akan diambilkan dari Proxy tersebut terlebih dahulu, dan jika belum ada maka akan diteruskan ke server sebenarnya. Selain itu proxy juga dapat digunakan untuk Security, misalnya memblokir akses ke suatu website ataupun sebagainya.
Installasi
  1. install terlebih dahulu paket untuk proxy server yaitu squid3
    root@server:~# apt-get install squid3
Konfigurasi
  1. Buka file /etc/squid3/squid.conf, setalah itu cari dan edit berikut dan hilangkan tanda # agar menjadi enabled. Cari baris berikut dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + w.
    root@server:~# nano /etc/squid3/squd.conf
  2. Kemudian cari tulisan acl_CONNECT dan tambahkan skrip tepat dibawahnya.
  3. Cari tulisan http_access deny all dan tambahkan tanda # pada awal kedua baris tersebut. Kemudian simpan dengan menekan tombol Ctrl + x kemudian tekan y.
    # http_access deny all
  4. Langkah ini bersifat opsional dan bisa dilewati, namun apablila ingin mengubah tampilan default laman squid yang begitu-begitu saja, bisa diubah sesuai kebutuhan kita.
    root@server~# cd /usr/share/squid3/errors/English
    Dalam direktori tersebut terdapat banyak sekali file-file laman error squid. Semua file laman error tersebut menggunakan premogaman html. Disini kita hanya mengubah laman web yang diblokir dan dns-unresolveable.
    root@server:/usr/share/squid3/errors/English# nano ERR_ACCESS_DENIED
    root@server:/usr/share/squid3/errors/English# nano ERR_DNS_FAIL
  5. Buat dua buah file untuk daftar situs-situs atau kata-kata yang diblokir didalam direktori /etc/squid3 dengan nama url yang berisi alamat situs yang diblokir dan key yang berisi kata kunci yang diblokir.
    root@server:~# nano /etc/squid3/url
    www.facebook.com
    www.youtube.com

    root@server:~# nano /etc/squid3/key
    porn
    xxx
    drugs
  6. Cek konfigurasi apakah sudah benar atau masih ada yang salah dan juga untuk membuat swap dengan mengetikkan perintah squid -z.
  7. Sedikit konfigurasi IPTables untuk redirect port 80 (HTTP) ke port 3128 (proxy).root@server:~# iptables -t nat -A PREROUTING -s 192.168.14.0/24 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port 3128root@server:~# iptables-save > /etc/iptables
Pengujian
Pengujian kita lakukan pada sisi client windows. Server Proxy tersebut akan menjadi TRANSPARENT jika ada koneksi ke Internet. Namun jika digunakan dalam lingkup Local Area Network, yang tidak terkoneksi Internet, maka kita harus menkonfigurasi MANUAL PROXY pada sisi client terlebih dahulu. Jika ingin tetap kelihatan Transparent, walau di jaringan local. Anda bisa menggunakan Ip Address Alias, dan dikombinasikan dengan Virtual Domain.
Berikut cara mengkonfigurasi manual proxy di internet explorer
  1. Buka Browser IE > Klik Tools >Klik Internet Options.
  2. Muncul jendelan Internet Options, klik tab connections > klik LAN Settings.
  3. Muncul jendela Local Area Network (LAN) Settings, pada bagian Proxy Server beri centang pada checkbox “use proxy server for...” > Klik Advanced > pada bagian servers di kolom HTTP diisi alamat ip proxy server (192.168.6.2) dan port 3128 > klik Ok.
  4. Pada address bar browser IE isikan alamat url atau keyword yang diblokir, sehingga muncil laman seperti berikut.
  5. Kemudian coba untuk url yang tidak diblokir.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top